Home » » VIDEO: Ikan Paus Bermain Seperti Anak Anjing

VIDEO: Ikan Paus Bermain Seperti Anak Anjing

PUTRICANDRAMIDI -Kapten Larry Hartmann hampir tak mempercayai penglihatannya sendiri saat seekor ikan paus sirip sepanjang 60 kaki (setara 18 meter) menyelam melewati kapal sepanjang 34 kaki (setara 10 meter) yang dinakhodainya. Ikan paus tersebut bahkan sempat berguling seperti anak anjing, tepat di bawah permukaan samping kapal."Tak ada yang pernah melihat kejadian semacam ini. Kejadian ini benar-benar tak mungkin."


Ikan Paus Abu-abu di Meksiko (Mark Carwardine/ Barcroft Media)

Kejadian langka yang melibatkan spesies paus terbesar kedua di dunia ini terjadi sekitar 10 mil (sekitar 16 kilometer) dari Dana Point di Orange County, California. Paus sirip dapat mencapai panjang 80 kaki (setara 24 meter) dan berat 70 ton.

"Hal ini lebih menakjubkan daripada yang dapat anda bayangkan," kata Hartmann, kapten veteran Dana Wharf Whale Watching.

"Paus yang bersirip biasanya butuh menarik nafas sebanyak tiga kali di permukaan. Tak ada yang pernah melihat kejadian semacam ini. Kejadian ini benar-benar tak mungkin. Tak mungkin."

Menurut Alisa Schulman-Janiger dari American Cetacean Society, berita tentang kapal yang bertemu paus sirip jarang terdengar. Jika menyimak deskripsi Hartmann tentang perilaku paus yang ditemuinya, orang mungkin akan berpikir kalau yang ditemuinya adalah jenis paus bongkok yang lebih kecil dan ramah.

Ada sekitar enam hingga 10 paus sirip di Dana Point, masing-masing berukuran sekitar 60 kaki, dimana terkadang mereka akan memacu kecepatan saat mendekati perahu sebelum menyelam di bawah lambung kapal.

Kadangkala, Hartmann khawatir atas keselamatan penumpangnya karena sering hampir terjadi tabrakan, apalagi paus sirip dikenal suka menerobos.

Paus jenis ini lebih sering berada di dalam air, meskipun mereka sangat jelas terlihat. "Keluarga yang ikut di kapal saya terus menelepon karena mereka masih tidak percaya apa yang terjadi," kata Hartmann.

"Benar-benar sangat tidak nyata bagi kita untuk benar-benar sendirian di luar sana, tanpa angin, dan kejadian semacam ini yang terjadi," lanjut dia.

Tayangan videonya, seperti yang dimuat di laman grindtv.com, bisa dilihat dengan



membuka tautan ini

SUMBER

admin 14 Jul, 2011


--
Source: http://candramidi.blogspot.com/2011/07/video-ikan-paus-bermain-seperti-anak.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Vixazi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger