Home » » Peringati HUT RI Ala 'Ki Hajar Dewantara'

Peringati HUT RI Ala 'Ki Hajar Dewantara'

Ratusan warga Yogyakarta bersepeda keliling kota dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sambil menahan rasa lapar karena berpuasa, ratusan warga itu tetap semangat mendayung sepeda yang diprakarsai oleh Yayasan Taman Siswa.

Aksi bersepeda ini cara memperingati Hari Ulang Tahun Indonesia. Acara yang disebut "Napak tilas penyiaran kemerdekaan RI oleh Ki Hajar Dewantara, kita gelorakan semangat juang 45" ini mengulang lagi apa yang dilakukan Bapak Pendidikan itu pada 17 Agustus 1945 lalu.

"Ini adalah bersepeda perjuangan, untuk mengingatkan kembali semangat perjuangan Ki Hajar Dewantara yang waktu itu (17 Agustus 45') bersepeda keliling kota untuk mengabarkan berita diproklamirkannya kemerdekaan RI," kata Eka Hadiyanta, Wakil Ketua Kodja (komunitas ontelis jadul Yogyakarta) dalam perbincangan kepada VIVAnews.com di Pendopo Taman Siswa di Jl. Taman Siswa, Yogyakarta, 17 Agustus 2011.

Menurut dia, kegiatan bersepeda keliling kota tesebut bertujuan untuk merefleksikan kembali kondisi bangsa Indonesia dan mengembalikan semangat berpartisipasi dalam kondisi yang sangat sederhana untuk berkontribusi mengisi kemerdekaan RI.

Ki Nanang Rekti Wulanjoyo selaku cucu Ki Hajar Dewantara, mengungkapkan, Proklamasi kemerdekaan RI melalui proses perjuangan yang sangat panjang. "Dengan berita proklamasi kemerdekaan RI 45', Ki Hajar Dewantara pada saat itu berinisiatif mengumumkan kemerdekaan ke masyarakat kepada kelompok-kelompok masyarakat, hingga ke Masjid," katanya.

Istimewanya peringatan kali ini adalah, hari ini 17 Agustus 2011 bertepatan dengan bulan Ramadan. Proklamasi kemerdekaan 66 tahun silam juga terjadi di bulan Ramadan. "Hari ini sangat istimewa, karena proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 45' juga di bulan puasa," kata cucu Pahlawan Nasional itu.

( Sumber: vivanews.com )

Admin 17 Aug, 2011


--
Source: http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/08/peringati-hut-ri-ala-ki-hajar-dewantara.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Vixazi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger