Home » » Yang Perlu Diperhatikan Wanita Hamil saat Mudik

Yang Perlu Diperhatikan Wanita Hamil saat Mudik

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Anda tengah hamil dan berencana mudik ke kampung halaman? Perhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan mudik Anda nyaman dan kehamilan tetap terjaga.

Dikutip dari NHS, waktu terbaik bagi wanita hamil untuk berpergian adalah ketika kehamilan berusia 14-28 minggu. Jika Anda berpergian saat kehamilan masih di trimester pertama, bisa membuat Anda tidak nyaman.

Hal itu karena di trimester pertama, wanita hamil umumnya akan merasa mudah pusing, mual dan cepat lelah. Tiga bulan pertama juga cukup berisiko mengalami keguguran.

Sedangkan jika kehamilan sudah lebih dari 28 minggu, risiko yang paling mungkin Anda alami adalah melahirkan lebih cepat. Tak hanya itu, berpergian dengan perut yang sudah sangat besar, tentu akan tidak nyaman apalagi jika Anda harus duduk dalam jangan waktu lama.

Kalaupun Anda tetap ingin mudik di saat kehamilan memasuki trimester pertama atau ketiga, konsultasikan dulu pada dokter kandungan. Jika dokter memastikan kehamilan Anda tidak berisiko, Anda bisa berangkat mudik.

Untuk Anda yang akan mudik dengan mobil, hal yang paling jadi masalah adalah harus duduk dalam jangka waktu lama. Duduk berjam-jam bisa membuat kaki kram. Berikut ini hal yang perlu Anda siapkan dan bisa dilakukan agar mudik dengan mobil tetap nyaman, seperti dikutip dari Baby Center:

1. Air mineral ditaruh di tempat minum yang mudah Anda bawa-bawa.
2. Snack yang sehat, misalnya saja buah-buahan, biskuit yang tidak terlalu banyak mengandung garam.
3. Bantal untuk leher sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan.
4. Kantong plastik untuk berjaga-jaga siapa tahu Anda ingin muntah.
5. Tisu basah
6. Pakailah alas kaki yang nyaman.
7. Saat berhenti untuk beristirahat, lakukan peregangan ringan seperti berjalan-jalan di sekitar tempat itu.
8. Selama berada di dalam mobil, Anda juga bisa berolahraga ringan misalnya meluruskan kaki, lalu lakukan gerakan menekuk dan meregangkan telapak kaki. Setelah itu, putar pergelangan kaki bergantian kiri dan kanan.

Untuk Anda yang tengah hamil dan akan mudik dengan pesawat, beberapa maskapai penerbangan tidak akan memberikan izin pada jika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Pastikan Anda memberitahu usia kehamilan Anda saat memesan atau ketika check in. Anda sebaiknya juga membawa surat dari dokter kandungan yang menyatakan kehamilan Anda sehat dan aman untuk berpergian dengan pesawat. Selama penerbangan, Anda harus sering minum air dan banyak bergerak.

( Sumber: http://www.wolipop.com/read/2011/08/26/182128/1712185/857/wanita-hamil-perlu-perhatikan-ini-saat-mudik?w992201835 )

Admin 27 Aug, 2011


--
Source: http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/08/yang-perlu-diperhatikan-wanita-hamil.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Vixazi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger