Home » » Letusan Lokon Kali Ini di Luar Kebiasaan

Letusan Lokon Kali Ini di Luar Kebiasaan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

PUTRICANDRAMIDI - Sembilan hari sejak statusnya ditingkatkan menjadi 'awas', aktivitas Gunung Lokon tetap tinggi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Senin kemarin, Lokon meletus dua kali.

Gunung Lokon meletus (ANTARA/Jemmy)

"Sampai sekarang kondisi masih tinggi. Ditandai dengan tremor, gempa vulkanik dangkal dan gempa vulkanik dalam masih berlangsung," kata dia saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa, 19 Juli 2011. "Kondisi letusan kali ini di luar kebiasaan Lokon," tambah dia.

Sutopo menjelaskan, pada letusan tahun sebelumnya pada 1991 dan 2001, Lokon meletus, lalu selesai. "Ini sampai berhari-hari," kata dia. Perubahan perilaku Lokon sebelumnya juga dialami Sinabung dan Merapi. "Sinabung meletus setelah hampir 400 tahun tenang, sementara Merapi biasanya hanya awan panas yang keluar, 2010 lalu meletus besar."

Ia menambahkan, BNPB dan semua pihak saat ini bersiap diri, mengantisipasti kemungkinan terburuk. "Menyusun rencana kedaruratan, kesiapsiagaan dalam skrenario terburuk seperti evakuasi ke mana, menyiapkan titik-titik pengungsian," kata Sutopo.

Logistik pun disiapkan. Hingga saat ini, dia menambahkan, tercatat ada 5.359 pengungsi Lokon yang berada di 24 titik. Pengungsi adalah persoalan krusial karena jumlahnya terus meningkat. "Itu berkaitan juga dengan penyediaan logistik."

Sementara, dalam menghadapi masyarakat, BNPB mengaku terbantu dengan gencarnya pemberitaan tentang situasi Lokokn. "Masyarakat banyak belajar, soal dampak letusan. Mereka juga punya rasa takut," kata Sutopo.

Selain itu, penduduk yang tidak menempel di punggung gunung dan jumlahnya sedikit--tak sepadat Merapi--juga lebih memudahkan evakuasi. Apalagi, "letusan Lokon tak sebesar Merapi."

Pada Minggu, 17 Juli 2011 lalu, Lokon memuntahkan material vulkanik setinggi 3.500 meter. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, ledakan kali ini tergolong lebih besar dari sebelumnya. Semburan material panas tampak tegak lurus dari mulut kawah. Belum diketahui, apakah ini adalah letusan terbesar Lokon atau mungkin akan ada yang lebih besar.


SUMBER

admin 19 Jul, 2011


--
Source: http://candramidi.blogspot.com/2011/07/letusan-lokon-kali-ini-di-luar.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Vixazi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger